FAQ

Punya pertanyaan?
Kami punya jawaban!

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Hal yang Sering Ditanyakan

Register dan Login

Apakah menggunakan Krealogi dikenakan biaya?

Tidak, menggunakan aplikasi Krealogi tidak dikenakan biaya. Kamu bisa download aplikasi Krealogi GRATIS di Google PlayStore.

Untuk registrasi di Krealogi, saya harus menggunakan apa?

Untuk registrasi di aplikasi Krealogi, kamu bisa menggunakan No HP. Pastikan No HP yang kamu daftarkan, aktif kamu gunakan, ya. Karena akan ada kode OTP yang akan dikirim untuk memverifikasi akunmu.

Berapa lama saya menunggu kode OTP masuk ke No HP saya?

Kode OTP akan langsung masuk ke No HP kamu dalam beberapa detik. Pastikan sinyal atau jaringan yang kamu gunakan berjalan dengan maksimal, ya.

Apakah sinyal mempengaruhi lamanya kode OTP masuk ke No HP saya?

Ya, sinyal atau jaringan di HP-mu akan mempengaruhi lamanya pengiriman OTP. Karena, kode OTP akan dikirim melalui SMS ke No HP yang kamu daftarkan. Jadi, pastikan sinyal di HP yang kamu gunakan berjalan dengan baik dan maksimal.

Berapa kali saya dapat meminta kode OTP dalam satu hari?

Kamu dapat meminta 3 kali OTP dalam 5 menit, dan kemudian mencoba lagi. Apabila Kamu sudah meminta OTP sebanyak 6 kali, maka Kamu harus menunggu selama 1 jam untuk bisa mendapatkan OTP kembali.

Bagaimana jika usaha saya di bidang jasa, apakah masih bisa menggunakan Krealogi?

Kamu masih bisa menggunakan Krealogi meskipun usaha yang kamu jalankan bergerak di bidang jasa. Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada, misalnya; Catat Pesanan untuk mencatat pesanan kamu dari pelanggan dan memastikan pesanan atau layanan yang diminta pelangganmu sudah kamu penuhi. Melalui fitur Catat Pesanan ini, kamu juga akan langsung dapat melihat pemasukan dari pesanan yang otomatis muncul di fitur Keuangan. Jadi, kamu bisa pantau keuanganmu dengan lebih mudah.

Fitur

Bagaimana Saya dapat melengkapi informasi akun Saya?

Kamu dapat melengkapi akun Kamu setelah berhasil registrasi dengan mengakses tombol Lengkapi Akun pada beranda dan mengisi semua informasi Akun-mu.

Apakah pengguna Krealogi dapat membuat lebih dari satu akun usaha di dalam satu aplikasi?

Saat ini, satu aplikasi Krealogi hanya dapat login ke satu akun usaha saja. Jika kamu memiliki dua usaha atau lebih, kamu bisa daftarkan usahamu yang lainnya, menggunakan No HP yang berbeda, dan login kembali secara bergantian.

Apakah akun Saya dapat digunakan di beberapa handphone?

Ya, saat ini akun Kamu bisa digunakan di beberapa handphone sekaligus. Kamu tinggal masuk atau login menggunakan No HP yang sudah kamu daftarkan.

Fitur Gudang

Apa itu Gudang?

Gudang adalah salah satu fitur di Krealogi yang dapat Kamu gunakan untuk mencatat bahan baku, produk ½ jadi, dan produk jadi. Pada gudang juga Kamu bisa memantau stok produk yang sudah Kamu catat.

Apakah arti dari Bahan Baku, Produk ½ Jadi dan Produk Jadi?

Bahan Baku merupakan barang yang dipilih menjadi bahan pembuatan sebuah produk. Bahan Baku ini juga merupakan produk yang masih butuh proses pengolahan yang cukup panjang, sebelum akhirnya siap untuk dijual atau dimanfaatkan. Contohnya; minyak goreng, beras, benang, kapas, kain perca, manik-manik, dan lain-lain.

Produk ½ Jadi merupakan bahan baku yang sudah melewati proses tahapan produksi, namun, masih belum siap untuk digunakan atau dijual. Produk ½ Jadi akan membutuhkan beberapa tahapan produksi lagi untuk siap dimanfaatkan. Contohnya; bumbu halus untuk masakan tertentu, anyaman yang belum dibentuk menjadi sebuah barang/produk, dan lain-lain.

Produk Jadi merupakan produk yang sudah melalui tahapan produksi, dan sudah siap untuk digunakan atau dijual kepada pelanggan. Contohnya; Sajian masakan seperti kue, minuman, nasi uduk lengkap yang sudah siap dikonsumsi, tas anyam, tas manik-manik, gantungan kunci, dan lain-lain.

Jika saya mencatat produk di Gudang, apa saja kemudahan yang diberikan Krealogi proses kelola usaha saya?

Kamu akan mendapatkan pengingat berupa notifikasi di HP-mu, saat stok produk yang ada di Gudang menipis atau habis. Catatan produk di Gudang juga bisa kamu ambil sebagai produk yang dipesan ketika kamu mencatat pesanan di fitur Catat Pesanan.

Jika saya mencatat produk di fitur Gudang, pengingat apa saja yang bisa saya dapatkan?

Pengingat yang akan kamu dapatkan adalah berupa notifikasi saat produkmu menipis atau habis.

Bagaimana Saya dapat menambahkan dan mengurangi stok pada Gudang?

Kamu dapat menambahkan stok produk di Gudang dengan membuat rencana produksi untuk produk tersebut. Stok produk Kamu juga bisa berkurang otomatis setelah Kamu mencatat pesanan untuk produk tertentu. Atau kamu bisa menguranginya secara manual dengan mengakses Perbarui Stok pada fitur Gudang, yang terdapat pada detail produk yang sudah kamu catat di Gudang.

Apakah produk yang saya catat di Gudang dapat diubah atau dihapus?

Ya, produk di Gudang yang sudah kamu catat, dapat kamu ubah atau hapus.

Fitur Catat Pesanan

Apa itu Catat Pesanan?

Catat Pesanan adalah salah satu fitur di Krealogi yang dapat kamu gunakan untuk mencatat pesanan lengkap dengan informasi pelanggan dan juga estimasi tanggal kirim serta pembayaran yang kamu terima. Dengan mencatat pesanan, kamu akan mendapatkan akses Nota Pesanan dan Label Pengiriman. Nota Pesanan dapat kamu gunakan sebagai dokumen untuk proses pembayaran oleh pelanggan, dan Label Pengiriman bisa kamu gunakan untuk label alamat pengirim dan penerima pada paket pesanan pelanggan yang akan kamu kirim.

Bagaimana jika pesanan saya terima dalam bentuk konsinyasi atau pembayaran sebagian?

Kamu tetap dapat mencatat informasi pembayaran pada Detail Pesanan di fitur Catat Pesanan sesuai dengan waktu dan jumlah pembayaran yang kamu terima. Kamu dapat menambahkan hingga 3 informasi pembayaran untuk setiap pesanan yang kamu catat.

Kapan informasi pembayaran pesanan yang saya catat terhitung sebagai Pemasukan?

Informasi pembayaran yang kamu catat akan masuk dalam pencatatan Pemasukan setelah kamu mengkonfirmasi pembayaran tersebut dengan cara menekan tombol Tandai Lunas yang ada pada halaman Detail Pesanan.

Jenis usaha apa saja yang bisa dikelola menggunakan aplikasi Krealogi?

Berbagai macam jenis usaha dapat dikelola dengan aplikasi Krealogi, seperti; usaha kuliner, kriya, fashion, jasa, produk kreatif, usaha dagang, dan lain-lain.

Apa saja yang bisa saya akses dan dapatkan jika saya mencatat Pesanan?

Kamu dapat mengakses nota pesanan, label pengiriman, dan juga mendapatkan pengingat pengiriman dan pembayaran. Sehingga usahamu dapat berjalan lebih teratur sesuai jadwal. Selain itu, pesanan yang kamu catat juga akan terhitung sebagai pemasukan setelah kamu mengkonfirmasi pembayarannya.

Bagaimana jika harga barang yang saya catat di Gudang berbeda dengan harga jualnya?

Kamu dapat menentukan harga jual produk yang berbeda dari harga barang, saat mencatat pesanan.

Apakah saya bisa mencatat pesanan terutang dan konsinyasi?

Ya, kamu dapat mencatat pesanan terutang dan konsinyasi, pembayaran sebagian, dan bahkan pelunasan. Kamu bisa menambahkan informasi pembayaran sampai dengan 3 kali untuk tiap pesanan. Informasi pembayaran ini bisa kamu tambahkan dengan cara menekan tombol Tambah Informasi Pembayaran pada halaman Detail Pesanan, dan ketika pesanan sudah lunas, kamu dapat menandakannya sebagai lunas dengan menekan tombol Tandai Lunas. Saat kamu sudah menandai pesanan sebagai lunas, maka pembayaran pesanan akan masuk ke catatan pemasukan di fitur Keuangan.

Apakah saya bisa memasukan biaya pengiriman setelah melakukan pesanan atau saat mengkonfirmasi pengiriman?

Kamu bisa memasukkan biaya pengiriman saat mencatat pesanan. Kamu bisa mengisinya di kolom Biaya Kirim.

Apakah pesanan yang sudah saya catat dapat dihapus?

Belum, saat ini pesanan yang sudah kamu catat belum bisa dihapus. Untuk pesanan yang pencatatannya salah, kamu bisa menyesuaikan stok produk yang sudah berkurang karena masuk ke catatan pesanan, dengan cara menambahkan jumlah stok produk melalui tombol Perbarui Stok pada detail produk yang kamu pilih di fitur Gudang.

Fitur Keuangan

Apa itu Keuangan?

Fitur Keuangan adalah salah satu fitur di Krealogi yang dapat kamu gunakan untuk mencatat uang masuk dan uang keluar. Selain itu, Kamu juga dapat mengakses laporan usahamu secara berkala untuk mengetahui keuntungan atau kerugianmu dalam periode tertentu di fitur Keuangan ini.

Mengapa catatan pemasukan saya dari Pesanan belum tampil pada Laporan Keuangan?

Pembayaran untuk pesanan yang sudah kamu catat, akan tercatat sebagai pemasukan jika kamu sudah mengkonfirmasi pembayarannya, dengan cara menekan tombol Tandai Lunas pada halaman Detail Pesanan.

Apakah saya bisa menentukan sendiri tanggal Laporan Keuangan yang akan saya lihat?

Ya, kamu dapat menentukan sendiri periode waktu laporan usaha yang akan kamu lihat dan unduh, dengan menentukan periode detail keuangan pada sisi kiri atas halaman Keuangan.

Apakah Saya bisa mencatat pengeluaran di luar dari kategori yang sudah ada di aplikasi?

Ya. Kamu dapat mencatat pengeluaran dengan memilih Biaya Lainnya.

Apakah Laporan Keuangan dapat saya sembunyikan dari admin saya?

Saat ini Kamu belum dapat menyembunyikan laporan keuangan pada aplikasi.

Apakah saya dapat mencatat pemasukan selain dari catatan pesanan yang sudah saya catat?

Ya. Kamu bisa mencatat pemasukan di luar dari pesanan yang sudah kamu catat, dengan cara menekan tombol Catat Transaksi pada halaman Keuangan, lalu pilih Pemasukan.

Dalam bentuk apa saja laporan keuangan ini dapat saya download?

Kamu dapat mendownloadnya dalam bentuk PDF dan Ms. Excel.

Apakah laporan keuangan yang saya download bisa saya edit?

Ya, kamu bisa mengeditnya. Kamu bisa mendownload laporan keuangan dengan format Ms. Excel, dan mengeditnya di aplikasi Ms. Excel yang kamu miliki.

Apa saja kegunaan dari laporan keuangan usaha?

Laporan Keuangan bisa kamu gunakan sebagai bahan evaluasi usaha yang kamu jalankan, terutama terkait performa keuangan usaha kamu. Laporan keuangan juga akan berguna untuk urusan keuangan dengan pihak ketiga seperti bank, koperasi dan lain-lain.

Fitur Rencana Produksi

Apa itu Rencana Produksi?

Rencana Produksi adalah fitur yang dapat Kamu gunakan untuk menentukan dan memantau proses produksimu. Kamu dapat melakukan:
1. Menentukan berapa banyak produk yang akan kamu produksi
2. Menentukan kapan batas waktu pembuatannya
3. Menentukan kapan kamu harus melakukan pengecekan.
4. Memantau seberapa besar progres perkembangan produksimu.

Apa yang harus saya lakukan setelah mencatat Rencana Produksi?

Kamu harus membuat jadwal rencana produksi terlebih dahulu dengan menentukan dan mengisi detail tanggal pengerjaan dan tanggal pengecekan, dengan cara menekan tombol Buat Rencana pada halaman Detail Rencana Produksi.

Apakah Saya haus mencatat jenis produk di Gudang terlebih dahulu sebelum membuat rencana produksi?

Ya. Kamu harus mencatat produk terlebih dahulu di Gudang sebelum membuat rencana produksi.

Dokumen yang bisa diunduh

Dokumen apa saja yang bisa Saya simpan di handphone Saya?

Kamu bisa menyimpan beberapa dokumen di handphone Kamu, yaitu:
1. Nota
2. Label Kirim
3. Laporan Keuangan (PDF dan Ms. Excel)

Keamanan Data

Apakah data saya aman?

Ya. Semua data kamu akan tersimpan di Cloud Server secara aman dan terlindungi. Sehingga kamu dapat kembali mengakses akun kamu walaupun menggunakan perangkat HP berbeda. Kamu hanya perlu login menggunakan nomor/email yang sama.

Siapa sajakah yang dapat mengetahui data saya?

Data kamu akan tersimpan di Cloud server, sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain. Krealogi juga akan memastikan data kamu tidak akan dibuka atau dibagikan tanpa seijin kamu.

Apakah saya bisa mengakses data saya kembali jika HP saya hilang/rusak?

Ya. Semua data kamu akan tersimpan di Cloud Server secara aman. Sehingga kamu dapat kembali mengakses akun kamu walaupun menggunakan perangkat HP berbeda. Kamu hanya perlu login menggunakan nomor yang sama.

Bagaimana cara saya mengubah No HP di Krealogi?

Kamu bisa mengubah No HP kamu dengan mengakses Detail Akun pada menu Akun untuk mengubah informasi akunmu, termasuk nomor HP.

Dimanakah saya bisa membaca kebijakan data Krealogi?

Kamu bisa membaca kebijakan data Krealogi di Kebijakan Privasi yang dapat diakses melalui link berikut: https://app.krealogi.com/kebijakan-privasi/

Pelatihan dan Komunitas

Apakah Saya dapat bergabung dengan Komunitas Krealogi?

Ya, Kamu dapat bergabung dengan komunitas Krealogi dengan mengakses Gabung Komunitas pada halaman Home.

Apa manfaat yang akan saya dapatkan jika bergabung dengan Komunitas Krealogi?

Dengan bergabung di dalam Komunitas Krealogi, kamu akan dapat:
1. Berjejaring bersama UMKM lain se-Indonesia
2. Mendapatkan kesempatan untuk ikut pelatihan dan mengkonsultasikan usahamu
3. Mendapatkan kesempatan dan informasi mengenai webinar
4. Mendapatkan informasi dan mengenai kesempatan mendapatkan hadiah dari program-program Krealogi

Bagaimana jika Saya ingin mengikuti pelatihan dari Krealogi?

Kamu dapat mengikuti pelatihan dengan mengakses menu akun dan memilih Daftar Pelatihan dan Webinar.

Apakah pelatihan di Krealogi dikenakan biaya?

Tidak semua, Krealogi sering mengadakan pelatihan gratis. Kamu bisa bergabung dengan Komunitas Krealogi untuk mendapatkan infonya.

Apakah ada kontak yang bisa saya hubungi untuk ikut pelatihan Krealogi?

Kamu bisa menghubungi WhatsApp +62 813-2550-8587 atau melalui Instagram Krealogi @Krealogi dan website Krealogi www.app.krealogi.com

Krealogi Hadir untuk Mendukung Revolusi Digital bagi UMKM Indonesia

Permudah bisnismu dengan satu aplikasi dalam genggaman. Unduh sekarang!